KONTRAK BELAJAR
MATERI
PEMBELAJARAN IPA KELAS AWAL
PRODI PGSD ANGKATAN 2011
I.
Standar
kompetensi: Memahami materi pembelajaran IPA SD kelas awal
II.
Kompetensi
Dasar:
1. Mendeskripsikan hakikat IPA
2.
Mendeskripsikan hakikat pembelajaran IPA.
3. Mendeskripsikan konsep IPA
4. Mendeskripsikan hakikat pembelajaran SD kelas
Awal.
5. Mendeskripsikan model pembelajaran Tematik
6. Mendeskripsikan materi IPA SD kelas Awal.
III.
Indikator:
1.
Menjelaskan
ciri-ciri IPA SD
2.
Menjelaskan
ciri-ciri pembelajaran IPA.
3.
Memberikan
alasan penting dan manfaat pembelajaran IPA di SD.
4.
Mengidentifikasi
ciri-ciri konsep IPA SD kelas awal.
5.
Mengidentifikasi
konsep IPA SD kelas awal.
6.
Mengidentifikasi
mis konsep IPA SD kelas awal.
7.
Mengidentifikasi
cara memperbaiki mis konsep.
8.
Menjelaskan
hakikat pembelajaran IPA SD kelas Awal.
9.
Mengidentifikai
ciri-ciri pembelajaran tematik.
10. Mempetakan materi IPA SD kelas awal
berdasarkan taksonomi Bloom
11. Membuat materiIPA SD kelas Awal.
12. Menetapkan sumber dan bahan ajar IPA`SD
kelas awal.
No.
|
Pert
|
Materi
|
Strategi
|
Sumber
Belajar
|
1.
|
I
|
I. Pendahuluan
- Kontrak belajar
- Orientasi materi
- Tugas kelompok
|
-
Brainstorming
-
Tugas
-
Diskusi
-
Presentasi
|
- Buku sumber/ Text book
- Internet
|
2.
|
II
|
II.
Hakikat IPA
- Pengertiap IPA
- Tujuan dan Fungsi IPA
- Manfaat IPA
|
-
Tugas
-
Diskusi
-
Presentasi
|
- Buku sumber/ Text book
- Internet
|
No.
|
Pert
|
Materi
|
Strategi
|
Sumber
Belajar
|
3.
|
III
|
III. Hakikat pembelajaran IPA
|
-
Brainstorming
-
Tugas
-
Diskusi
-
Presentasi
|
- Buku sumber/ Text book
- Internet
|
4.
|
IV
|
IV. Produk IPA
SD kelas awal
- Pengertian IPA
- Tujuan dan Fungsi IPA
- Manfaat IPA
|
-
Tugas
-
Diskusi
-
presentasi
|
- Buku sumber/ Text book
- Internet
|
5.
|
V-VI
|
V. Pembelajaran SD kelas awal (Tematik)
|
-
Orientasi
-
Workshop/Tugas
kelompok
-
presentasi
|
-
|
6.
|
VII
|
UTS
|
-
|
-
|
7.
|
VIII-
X
|
VI. Analisis Materi
IPA SD kelas awal
|
-
Orientasi
-
Workshop/Tugas
kelompok
-
presentasi
|
-
|
8.
|
XI-XV
|
VII Materi IPA SD kelas awal
|
-
Orientasi
-
Workshop/Tugas
kelompok
-
presentasi
|
-
|
9.
|
XVI
|
UAS
|
-
|
-
|
IV.
Produk
Matakuliah:
1.
Makalah
2.
Hasil
pemetaan
a.
Peta
analisis berdasarkan taksonomi Bloom
b.
Peta
konsep
c.
Analisis
tugas
d.
Peta
hirarkhi
e.
Peta
prosedural
3.
Buku
materi IPA SD Kelas Awal
V.
Penilaian
Nilai Partisipasi
: Keaktifan, kehadiran, kedisiplinan.
Nilai
UTS : Hakikat IPA, Pembelajaran
IPA, Pembelajaran Kelas awal (Tematik), Produk IPA
Nilai Tugas :
Nilai presentasi dan Tugas hasil Pemetaan
Nilai UAS : Nilai produk materi IPA
Nilai
Akhir :
VI.
Ketentuan Tidak Lulus:
1.
Tidak
hadir kuliah ≥ 4 kali tanpa ijin (tidak diwakilkan)
2. Tidak mengumpulkan Tugas/produk
3. Tidak memiliki nilai UTS
VII. Literatur
0 komentar:
Posting Komentar