Pembagian Standar Kompetensi ( SK )
dan
Kompetensi dasar ( KD )
MATERI PEMBELAJARAN IPS SD Kelas Lanjut
semester 4
kelas 2011 E
SALAM CERIA
Universitas PGRI Adibuana Surabaya
( UNIPA )
PGSD
Mata Kuliah : MATERI PEMBELAJARAN Matematika SD Kelas Lanjut
Dosen :
1. Dian
Kusmaharti, Dra., S.Si. M.Pd
2. Didik Hermanto, S.Pd
Hari : Senin
Pukul : 14.25-16.05
Penanggung Jawab :
- HERWIN PRATIKTO
- IMAM NASRUDIN
PK : Rizco Dwi Tama
Kelas IV, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Bilangan
1. Memahami dan menggu-nakan sifat-sifat
operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah
|
1.1
Mengidentifikasi sifat-sifat operasi
hitung
1.2 Mengurutkan bilangan endah
1.3
Melakukan operasi perkalian dan
pembagian
1.4 Melakukan operasi hitung campuran nurul
1.5
Melakukan penaksiran dan pembulatan
1.6 Memecahkan masalah yang melibatkan uang
asmi
|
2. Memahami dan menggu-nakan faktor dan keli-patan
dalam pemecahan masalah
|
2.1
Mendeskripsikan konsep faktor dan
kelipatan
2.2
Menentukan kelipatan dan faktor
bilangan grista
2.3
Menentukan kelipatan persekutuan
terkecil
(KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB)
2.4 Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan
KPK dan FPB yulianah
|
Geometri dan Pengukuran
3. Menggunakan pengukuran sudut, panjang, dan
berat dalam pemecahan masalah
|
3.1
Menentukan besar sudut dengan satuan
tidak baku dan satuan
derajat
3.2
Menentukan hubungan antar satuan
waktu, devi
antar satuan panjang, dan antar
satuan berat
3.3
Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan satuan waktu, panjang dan berat
3.4
Menyelesaikan masalah yang berkaitan firly
dengan satuan kuantitas
|
4. Menggunakan konsep
keliling dan luas bangun datar sederhana dalam pemecahan masalah
|
4.1
Menentukan keliling dan luas
jajargenjang
dan segitiga
4.2
Menyelesaikan masalah yang berkaitan vivi
dengan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga
|
Kelas
IV, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Bilangan
5. Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan
bulat
|
5.1
Mengurutkan bilangan bulat alfi
5.2
Menjumlahkan bilangan bulat
5.3
Mengurangkan bilangan bulat cempaka
5.4 Melakukan operasi hitung campuran
|
6. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
|
6.1
Menjelaskan arti pecahan dan
urutannya
6.2
Menyederhanakan berbagai bentuk
pecahan ain
6.3
Menjumlahkan pecahan
6.4
Mengurangkan pecahan rizco
6.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
pecahan erwin
|
7. Menggunakan lambang bilangan Romawi
|
7.1
Mengenal lambang bilangan Romawi
7.2 Menyatakan
bilangan cacah sebagai
bilangan Romawi dan
sebaliknya dwinie
|
Geometri dan
Pengukuran
8. Memahami sifat bangun ruang sederhana dan
hubungan antar bangun datar
|
8.1
Menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana
8.2
Menentukan jaring-jaring balok dan
kubus heru
8.3
Mengidentifikasi benda-benda dan
bangun datar simetris
8.4
Menentukan hasil pencerminan intan
suatu bangun datar
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Bilangan
1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat
dalam pemecahan masalah
|
1.1
Melakukan operasi hitung bilangan
bulat termasuk penggunaan
sifat-sifatnya,
pembulatan, dan penaksiran puri
1.2 Menggunakan faktor prima untuk
menentukan KPK dan FPB
1.3
Melakukan operasi hitung campuran
bilangan
bulat vika
1.4 Menghitung perpangkatan dan akar sederhana
1.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan operasi hitung, KPK dan FPB hakam
|
Geometri dan
Pengukuran
2. Menggunakan pengukuran waktu, sudut, jarak,
dan kecepatan dalam pemecahan masalah
|
2.1
Menuliskan tanda waktu dengan
menggunakan notasi 24 jam tutut
2.2 Melakukan operasi hitung satuan waktu
2.3 Melakukan pengukuran sudut
2.4
Mengenal satuan jarak dan kecepatan nina
2.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
waktu, jarak, dan kecepatan duwi
|
3. Menghitung
luas bangun datar sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
|
3.1
Menghitung luas trapesium dan
layang-layang
3.2
Menyelesaikan masalah yang berkaitan risfi
dengan luas bangun datar
|
4. Menghitung volume kubus dan balok dan
menggunakannya dalam pemecahan masalah
|
4.1
Menghitung volume kubus dan balok
4.2
Menyelesaikan masalah yang berkaitan rieke
dengan volume kubus dan balok
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Bilangan
5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
|
5.1
Mengubah pecahan ke bentuk persen
dan desimal serta sebaliknya
5.2 Menjumlahkan dan mengurangkan
berbagai bentuk pecahan ninin
5.3
Mengalikan dan membagi berbagai
bentuk
pecahan
5.4 Menggunakan pecahan dalam masalah nisa
perbandingan dan skala
|
Geometri dan
Pengukuran
6. Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan
antar bangun
|
6.1
Mengidentifikasi sifat-sifat bangun
datar
6.2
Mengidentifikasi sifat-sifat bangun
ruang ariska
6.3
Menentukan jaring-jaring
berbagai bangun ruang sederhana
6.4
Menyelidiki sifat-sifat kesebangunan bayu
dan simetri
6.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
bangun datar dan bangun ruang sederhana iswidian
|
Kelas VI, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Bilangan
1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat
dalam pemecahan masalah
|
1.1
Menggunakan sifat-sifat operasi
hitung termasuk operasi campuran,
FPB dan
KPK lia
1.2 Menentukan akar pangkat tiga
suatu bilangan kubik
1.3 Menyelesaikan masalah yang melibatkan
operasi hitung termasuk penggunaan akar dan pangkat furi
|
Geometri dan
Pengukuran
2. Menggunakan pengukuran volume per waktu dalam
pemecahan masalah
|
2.1
Mengenal satuan debit
2.2
Menyelesaikan masalah yang kiki
berkaitan dengan satuan debit
|
3. Menghitung luas segi banyak sederhana,
luas lingkaran, dan volume prisma segitiga
|
3.1 Menghitung
luas segi banyak yang
merupakan gabungan dari dua bangun
datar
sederhana aprita
3.2 Menghitung
luas lingkaran
3.3 Menghitung
volume prisma segitiga
dan tabung lingkaran veny
|
Pengolahan Data
4. Mengumpulkan dan mengolah data
|
4.1
Mengumpulkan dan membaca data
4.2
Mengolah dan menyajikan data dalam habibi
bentuk tabel
4.3 Menafsirkan sajian data ummah
|
Kelas VI, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Bilangan
5. Melakukan operasi hitung pecahan dalam
pemecahan masalah
|
5.1
Menyederhanakan dan mengurutkan
pecahan
5.2
Mengubah bentuk pecahan ke bentuk desimal niki
5.3
Menentukan nilai pecahan dari
suatu bilangan atau kuantitas tertentu
5.4
Melakukan operasi hitung yang natali
melibatkan berbagai bentuk pecahan
5.5 Memecahkan masalah perbandingan dan skala imam
|
Geometri dan
Pengukuran
6. Menggunakan sistem koordinat dalam
pemecahan masalah
|
6.1
Membuat denah letak benda luluk
6.2 Mengenal koordinat posisi sebuah benda
6.3 Menentukan posisi titik dalam sistem
koordinat Kartesius dian ratna
|
Pengolahan Data
7. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
data
|
7.1 Menyajikan data ke bentuk tabel
dan diagram gambar, batang dan lingkaran waqiah
7.2
Menentukan rata-rata hitung anis
dan modus sekumpulan data
7.3 Mengurutkan data termasuk
menentukan nilai tertinggi dan terendah
okta
7.4 Menafsirkan hasil pengolahan data amel
|
0 komentar:
Posting Komentar